Bentuk Karakter Positif Dengan Sikap Tawadu

Pemuda yang berkarakter positif adalah cerminan kepribadian yang luar biasa. Untuk memperolehnya tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu latihan dan disiplin yang tinggi untuk mencapai titik itu.

Untuk menjadi pemuda yang berkarakter positif, yaitu selalu optimis, berbuat adil, tidak angkuh, mempunyai tekat yang kuat, banyak jalan yang bisa ditempuh. Mengikuti kajian keagamaan, ikut seminar leadership, organisasi kepemudaan, membaca kisah-kisah para pemimpin, atau hanya sekedar menerapkan kata-kata motivasi namun berakar dalam setiap gerakan perubahan/maju yang kita lakukan. Semua itu tergantung niat dan usaha kita disiplin membentuk karakter positif.

Sikap tawadu bisa mengarahkan kita untuk mencapai karakter positif yang kuat di dalam diri kita. Mengapa? Tawadu adalah akhlak yang mulia dimana budi pekerti luhur selalu dikedepankan. Orang yang bertawadu digambarkan dalam hadits Rasulullah SAW yang artinya bahwa "Sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepadaku bertawadulah kamu sehingga seseorang tidak berlaku sombong terhadap orang lain dan seorang tidak berlaku curang terhadap orang lain (HR. Muslim).

Dari hadits ini, sikap tawadu mengajarkan kita arti hidup tidak boleh sombong, tidak menyakiti orang lain, tidak berlaku curang terhadap orang lain. Sikap itu juga mengajarkan berbuat adil, rendah hati terhadap sesama, mau mendengarkan permasalahan orang lain, bijak menghadapi permasalahan bahkan integritas pun bisa lahir dari sikap ini. Selain itu, rasa optimis pun akan muncul dengan sendirinya. Tawadu bukan menjadikan pribadi kita rendah atau mengurangi harga diri, namun sebaliknya pribadi-pribadi yang bersikap tawadu akan senantiasa ditinggikan derajatnya oleh sang Pencipta. Hidup harus memperhatikan norma-norma yang terkadang diabaikan, dengan sikap tawadu, hati akan selalu bersinergi tutur kata, tingkah laku yang menyenangkan orang lain, memberikan inspirasi kepada orang lain. Hal inilah yang bisa memunculkan rasa optimisme bahwa hati kita bisa membuat orang lain berbahagia dengan kehadiran kita di muka bumi ini. Optimis selalu membawa perubahan yang baik dengan karakter yang positif.

Mari berbenah diri menjadi pribadi yang positif dengan Tawadu. Semoga bermanfaat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar